Minggu, 11 November 2012


5 Pergeseran Tren Tekhnologi Terbesar di Tahun 2012

Digitalisasi kian terasa begitu besar dan cepat menyusupi setiap sendiri kehidupan manusia zaman ini. Bahkan, diprediksi, kurang dari 5 tahun ke depan, kita akan menyambut era baru dalam tekhnologi, yakni era digital.

Gadget merupakan salah satu perangkat utama dalam proses digitalisasi. Kecepatan inovasi gadget juga akan berpengaruh bagi cepatnya proses digitalisasi di dunia kita saat ini. Dan, cepatnya beragam inovasi dalam gadget itu benar-benar mulai terasa.
Berikut ini Redaksi Mizan.com menghadirkan “5 Pergeseran Tren Tekhnologi yang akan Terjadi di Tahun 2012”.

iPad vs Kindle Fire. Tercatat genap dua tahun iPad menjadi bagian dari peradaban kita. Dan hingga kini ia menjadi tablet paling populer di masyarakat. Dalam catatan, statistik penjualan Apple disinyalir menembus angka 40 juta unit sejak pembukuan April 2010. Beragam inovasi dilakukan oleh produsen tablet lain untuk menyaingi iPad. Tapi iPad tetap bercokol di puncak. Namun, Oktober tahun ini Amazon dengan berani meluncurkan Kindle Fire, sebuah tablet berkapasitas 8 GB yang difokuskan untuk menjelajahi literatur (e-books) di dunia maya dengan harga sangat terjangkau, yakni $199. Dan mulai 15 November 2011 lalu, Kindle Fire sudah mulai dikirim ke berbagai negara. Diprediksi Kindle Fire inilah yang akan mengakhiri kejayaan iPad. Ia diprediksi dapat mengalahkan iPad dari segi angka penjualan dan popularitas.

Laptop vs Tablet. Konon, saat ini adalah zaman "post-PC". Sehingga, kita tak lagi harus statis di satu tempat untuk dapat mengetik dan berinteraksi dengan komputer, tapi ada laptop yang bisa dijinjing kemana-mana. Namun, seiring munculnya tablet PC, zaman “post PC” ini akan segera ditutup oleh zaman baru yang dibukan oleh tablet PC. Walaupun hasil riset International Data Group memproyeksikan penjualan laptop tahun 2012 masih akan stabil, bahkan mengalami kenaikan tipis sekitar 11%. Namun, ‘wibawa’-nya tampaknya akan tergerus oleh tablet PC.
Flash vs HTML 5. Adobe Flash sebagai platform pemutar video di internet tampaknya pada 2012 akan tergantikan oleh HTML 5. Revolusi ini akan diawali oleh Apple. Apple yang mensterilkan fitur flash dari setiap produk device iOS. Langkah serupa juga diikuti Microsoft, yang meniadakan Flash plug-ins pada browser seri terbaru mereka IE 10, yang disediakan untuk Windows 8.
HDD vs SSD. Di tahun 2012, Solid-State Drives (SSDs) diprediksi akan semakin menjadi pilihan kebutuhan penyimpanan data (storage) di mobile device dan laptop. Ukurannya yang mini dengan kapasitas luar biasa membuat seri Intel Ultrabook dan Apple MacBook Air terlihat ramping. Sistem booting SSD berjalan cepat karena tidak mempengaruhi komponen moving parts, yang diyakini membuatnya lebih tangguh dibanding HDD.
Mobile Web vs Traditional Web. Seiring dengan terus berkembangnya smartphone dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan internet, di tahun 2012 diprediksikan akses internet via mobile device akan lebih dipilih ketimbang via PC. Bahkan, hasil riset IDC (Internet Data Centre) memprediksikan bahwa di tahun 2015 mendatang mayoritas warga AS akan mengakses internet via mobile device ketimbang PC.
sudah tau kan?? tren tren yang paling populer ditahun 2012 ini ??? mari kita lanjut ke artikel berikutnya ....
SUMBER : http://mizan.com/news_det/5-pergeseran-tren-tekhnologi-terbesar-di-tahun-2012.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar