Minggu, 11 November 2012

FRANsiskA`S sweeTest : mempelajari kepopuleran produk/budaya INDONESIA


PRODUK TANAH AIR YANG TERKENAL DI MANCA NEGARA

Minimal dalam kaos buatan Indonesia ini ditulis pakai bahasa Inggris, Rusia dan Perancis. Bahkan bisa sampai sepuluh bahasa! Photo by Syaripudin Zuhri.
1. Siapa bilang barang-barang produksi Indonesia tak bermutu?
2. Siapa bilang barang-barang produksi Indonesia ketinggalan jaman?
3. Siapa bilang barang-barang produksi Indonesia kalah bersaing?
4. Siapa bilang barang buatan Indonesia tak laku dijual?
5. Siapa bilang produksi Indonesia hanya laku di negara sendiri?
6. Siapa bilang buatan Indonesia hanya semacam”jago kandang”?
7. Siapa bilang produksi anak bangsa Indonesia tak layak di ekspor ke negara-negara maju?
8. Siapa bilang produksi Indononesia hanya untuk golongan menengah ke bawah ?
9. Siapa bilang memakai produk  Indonesia menyebabkan rendah diri?
10. Siapa bilang buatan Indonesia hanya di laku-laku di kios-kios kecil yang tak dilirik pembeli?
13360094221716776007
Kaos training buatan Indonesia di Rusia, bukti buatan Indonsia diminati oleh pembeli. Photo by Syaripudin Zuhri.
Silahkan Anda buat pertanyaan lain yang sejenis tentang buatan Indonesia , produk Indonesia atau sering di tulis ‘made in Indonesia’  Jawaban untuk sepuluh pertanyaan di atas kalau di singkat produk Indonesia sebagai berikut:
1. Produk Indonesia  bermutu.
2.  Barang buatan Indonesia modern alias tak ketinggalan jaman.
3. Tidak kalah bersaing dengan buatan negara lain termasuk dengan  Vietnam, Cina, Thailand, Spanyol dan Brazil untuk berang yang setype atau sejenis, seperti kaos, jaket, sepatu dan lain-lain.
4. Produsk Indonesia laku di jual, bahkan setiap tahun ekspor Indonesia ke Rusia selalu meningkat.
5. Produksi Indonesia laku di jual di berbagai negara, yang bisa Anda saksikan langsung di Rusia, Belanda, Belgia, Swedia, Saudi Arabia dan lain sebagainya.
6. Indonesia tidak “jago kandang” produksi rotan Jepara dan Bali sudah melanglang buana ke berbabagai negara, termasuk ke Rusia. Sebelumnya sudah saya tulis tentang produk anak bangsa yang laku di jual di luar negeri, film The Raid dan film “Dilema” yang menggondol juara dalam festival film Internasional di Rusia mengalahkan 74 negara lainnya yang sam-asam ikut dalam festival film tersebut.
7.  Produksi Indonesia laku di ekspor ke berbagai negara, sampai-sampai Indomie pun dibuatkan pabriknya di Jeddah! Rokok jarum  menembus pasaran Rusia dan Cheko! Tempe menembus Belanda dan negar sekitarnya. Sepatu merk  ‘nike’ produk Indonesia laku di jual di berbagai negara di dunia.Dan jangan lupa bola tenis yang dipakai dalam piala Davis Cup adalah buatan Indonesia, juga bola yang diapakai pada pertandingan piala dunia adalah produk Indonesia.
8. Yang satu ini malah membuat kebanggaan tentang Indonesia bertambah, mengapa? Karena produk Indonesia tak kalah “mahalnya” dengan buatan negara lain! Artinya mencari sepatu olah raga buatan Indonesia yang seharga 2500-3000 rubel atau senilai lebih dari sejuta dua juta rupiah banyak terdapat di Rusia, jadi karena berkualitas produk Indonesia tak kalah juga dalam harga!
9.  Itu pertanyaan yang bisa dikesampingkan, kalau orang yang memakai produk Indonesia menjadi rendah diri, karena malu misalnya, tak ada itu! Kalu orang Rusia malu memakai produk Indonesia tentu produk Indonesia tak laku di jual di Rusia, para importir Rusia akan menghentikan mengimpor barang atau produk Indonesia, nyatanya tidak! Makanya jangan heran kalau Anda ke Rusia bisa menemukan merk celana Jeans “Jakarta” atau jangan heran kalau anak-anak Rusia memakai kaos bertulisan”kura-kura ninja”!
10. Nah pertanyaan yang kespuluh juga bisa dibantah, perusaah nike, puma dan lain sebagainya adalah perusahaan raksasa yang mendunia, sedangkan produknya adalah buatan Indonesia! Jadi bila Anda ke Rusia akan bisa menemukan produk Indonesia bermerk ‘nike’, ‘puma’ dan lain-lain di toko-toko olah raga yang besar, yang dicari orang Rusia, dari mulai sepatu, kaos bola, jaket, training dan lain sebagainya.
13360095741241175915
Toko Puma dan Nike yang menjual produk Indonesia di Rusia. Photo by Syaripudin Zuhri.
Itulah sepeuluh pertanyaan dan sepuluh jawaban bagi produk Indonesia. Dan kalau Anda masih juga sanksi mengenai produk Indonesia, silahkan membaca sejarah Indonesia dan dunia, dimana Indonesia sudah sejak berabad-abad hasil SDA alamnya menyedot perhatian bangsa-bangsa di di dunia, khususnya bangsa-bangsa Eropa, dari mulai Inggris, Portugis, Spanyol, Belanda dan lain sebagainya, tak kurang-kurangnya sampai penjelajah dari Vinesia, Italia, Marcopolo sempat singgah di pulau Sumatera!
Dan kalau mau ditarik mundur lagi ke jaman Mesir kuno, Indonesia, dalam hal ini pulau Sumatera,  telah dikenal oleh bangsa Mesir sejak jaman Fir’aun, jadi sejaman dengan nabi Musa AS. Mengapa pulau Sumatera telah dikenal sebelum Indonesia lahir? Tak lain karena hasil buminya, hasil SDAnya, dimana saat itu Mesir yang dikenal dengan pembalseman mayat atau mumy, agar mayat tak lekas membusuk maka dibalsem, sedangkan unsur-unsur atau bahan-bahan untuk membuat pembalseman tadi terdapat di Sumatera yaitu kapur barus!
Jadi produk Indonesia sudah melanglang buana sebelum Indonesia sendiri lahir sebagai suatu negara, Indonesia sudah dikenal sebelumnya dan sampai sekarng Indonesia tetap menjadi “inceran” bagi negara-negara lain, kalau tidak bisa menjajahnya secara fisik, ya dijajah dalam segi ekonomi, budaya dan politik, agar setiap aset bangsa Indonesia tetap mereka bisa kuasai, walau secara fisik mereka tetap berada di negaranya masing-masing! Semoga hal ini tak terjadi, kalaupun terjadi semoga hanya dalam skala kecil sajal, kalaupun ada secara besar-besaran, tugas para pemimpin bangsalah untuk berbuat “sesuatu”.
Oke kita kembali ke produk Indonesia yang membanggakan! Oya jangan lupa, sekilas karya anak bangsa setingkat mantan presiden RI, BJ Habibie, yang telah mempatenkan karyannya dalam produk kedirgantaraan, sehingga ketika sebuah pesawat setingkat Boing atau Air Bus di sana terselip karya anak bangsa Indonesia, di bagian sayap pesawatnya. Jadi sepuluh pertanyaan dan sepuluh jawaban sudah saya paparkan dan Anda bisa menambahkannya dengan pertanyaan dan jawaban yang lain tentang produk anak bangsa Indonesia, inti kata: Indonesia adalah bangsa besar dan mampu menjadi bangsa yang membanggakan bagi warganya!
13360102291357563670
Jaket training produk Indonesia di Rusia, sebuah kebanggaan sendiri bagi anak bangsa. Photo by Syaripudin Zuhri.
Jadi kalau masih saja ada anak bangsa yang meremehkan, yang mengecilkan, yang menghina bangsa sendiri dan berbagai jenis atau bentuk kerendahdirian sebagai anak bangsa Indonesia, semoga terkikis habis, jika pun tidak  terkikis, ya paling tidak mengurangi sikap yang selalu merasa “lebih kecil” atau merasa selalu tertinggal dengan bangsa-bangsa Eropa!
Kalau masih saja merasa rendah diri ketika berhadapan dengan orang asing, yang sering disebut orang bule, berarti warisan Belanda masih tertanam kuat di bumi Indonesia, anak bangsa pribumi menjadi strata terbawah setelah Eropa, Cina dan Arab, baru bangsa sendiri! Mestinya hal tersebut sudah terhapus sejak Indonesia merdeka!
Untuk itu , mari terus membangkitkan semangat bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan kebesarannya bukan omong kosong, dari jumlah penduduknya saja sudah nomor empat terbesar di dunia, setelah Cina, India dan Amerika Serikat! Dari segi wilayahnya juga bukan main-main, wilayah Indonesai menutupi seluruh daratan Eropa, Eropa kalau dilihat pernegaranya… kecil-kecil, bukan “apa-apa”, dibandingkan wilayah Indonesia! Dan cara yang paling praktis menunjukan kebesaran bangsa adalah memakai produk Indonesia! Oya satu lagi, mobil opel buatan Jerman, bannya memakai produk Indonesia buatan Gajah Tunggal dan Tapecordernya atau CDnya merk Pioner juga produk Indonesia!

hidupkan semangat bangsa un mencintai produk - produknya!!!!!!!! #assssseeeeeeeeeeeeeeeeeeeekkk..............

sumber :http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2012/05/03/produk-indonesia-disukai-dunia/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar